Membuat Project Pertama Android

Belajar Pemrograman Java Android untuk Pemula: Mengenal Activity dan Membuat Aplikasi Sederhana

Bismillaahirrohmaanirrohim. Tulisan kali ini tentang pemrograman Java android untuk pemula, dimulai dari Activity yang akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman Java. Kenapa Android? karena memang device ini banyak sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi pengembang aplikasi android tentu akan berpeluang besar mendapatkan keuntungan. Disini kita akan belajar membuat project android, membuat activity, membuat button dan textview, berpindah antar activity. Tunggu apa lagi, yuk kita mulai belajar.

Activity

Android dibangun dari berbagai komponen, salah satu yang akan kita bahas adalah Activity. Activity adalah sebuah (class) komponen pada Android yang berfungsi untuk menampilkan user interface ke layar handset Android. Umumnya dalam satu aplikasi android terdapat beberapa activity yang saling terhubung satu dengan lainnya.

Activity sendiri memiliki alur daur hidup (life cycle) dalam sebuah stack pada virtual sandbox yang disiapkan oleh Dalvik Virtual Machine (DVM) atau Android Runtime (ART) yang bersifat last in first out atau yang pertama kali dijalankan, maka akan dihancurkan terakhir kali. Jika kalian bingung dengan istilah-istilah ini, gak apa-apa kok. Yang penting paham tentang daur hidup dan kegunaannya.

Daur Hidup Activity

Berikut ini adalah diagram daur hidup dari sebuah activity. Penjelasan lengkapnya dapat merujuk kesini.

Daur Hidup Komponen Activity pada Android

Dan ini adalah contoh perjalanan beberapa activity dari mulai dijalankan hingga dihancurkan.

Last In First Out komponen Activity

Pada saat aplikasi android dijalankan, Activity 1 akan dijalankan pertama kali. Kemudian jika dilakukan perpindahan ke Activity 2, maka Activity 1 akan berada pada tumpukan terbawah sedangkan tumpukan teratas adalah Activity 2. Dan pada saat user menekan tombol back, maka Activity 2 akan dihancurkan dan kembali ke Activity 1. Siklus ini disebut sebagai Last In First Out (LIFO).

Membuat Aplikasi Android Pertama

Disini saya asumsikan teman-teman sudah menginstal segala kebutuhan dalam pemrograman Android ini. Kebutuhannya dapat dilihat pada tautan ini.

Pada aplikasi pertama ini kita akan membuat dua buah activity yang dapat berpindah jika sebuah button (tombol) ditekan. Oke, buka android studio lalu pilih Start a New Android Studio Project

Halaman Utama Aplikasi Android Studio

Lalu akan tampil halaman Create your project lalu kita pilih opsi yang paling simpel saja dulu yaitu Empty Activity lalu klik Next.

Halaman Choose your project Android Studio

Pada halaman berikutnya, silakan beri nama aplikasi yang akan kita buat. Disini saya gunakan pengaturan default nya saja yaitu My Application. Selain itu teman-teman juga bisa memilih untuk menyimpan pada direktori mana dan dengan bahasa pemrograman apa. Jika sudah, klik Finish

Configure your project Android Studio

Setelah itu akan muncul halaman kerja dari Android Studio. Disini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama tergantung kecepatan koneksi internet karena Android studio akan mem-build gradle terlebih dahulu, dimana ini akan dilakukan dengan mendownload gradle dari internet.

Proses Build Gradle Android Studio

Secara otomatis akan terbuka dua buah file bernama activity_main.xml dan MainActivity.java. Kedua file ini akan otomatis dibuatkan ketika pertama kali membuat sebuah project Android. File XML merupakan tempat kita melakukan desain tampilan aplikasi yang akan dibuat.

Karena kita akan menambahkan sebuah button disana, maka klik tab activity_main.xml dan disana terdapat dua mode yaitu mode design dan mode text (lihat bagian bawah).

activity_main.xml mode Design

Kita pilih mode Text maka akan ditampilkan XML nya seperti ini.

activity_main.xml mode Text

Silakan sesuaikan isi dari file activity_main.xml menjadi seperti ini.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".MainActivity">
    <Button
        android:id="@+id/btn_pindah_activity"
        android:text="Pindah Activity"
        style="@style/Widget.AppCompat.Button.Colored"
        app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
        app:layout_constraintTop_toTopOf="parent"
        app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
        app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"/>
</androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout>

Sehingga tampilan dari desain aplikasi kita akan menjadi seperti ini.

Menambahkan komponen Button pada activity_main.xml

Kembali pada file MainActivity.java lalu ketikkan baris perintah berikut.

package com.riyantodicoding.myapplication;
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
    Button btn_pindah_activity;
    
    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);
        
        btn_pindah_activity = findViewById(R.id.btn_pindah_activity);
        btn_pindah_activity.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
            @Override
            public void onClick(View view) {
                Intent pindah = new Intent(MainActivity.this, WelcomeActivity.class);
                startActivity(pindah);
            }
        });
    }
}

Selanjutnya kita akan membuatkan file WelcomeActivity.java. Untuk membuatnya, klik kanan pada bagian app | java | com.namaprojectkamu > New > Activity > Empty Activity atau klik menu File > New > Activity > Empty Activity

Membuat Activity Baru

Berilah nama activity tersebut dengan nama WelcomeActivity lalu klik Finish. Akan terdapat dua buah file lagi yang terbuka yaitu WelcomeActivity.java dan activity_welcome.xml

Silakan buka file activity_welcome.xml dan tambahkan baris berikut.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".WelcomeActivity">
    
    <TextView
        app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
        app:layout_constraintTop_toTopOf="parent"
        app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
        app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent"
        android:text="Welcome"
        android:textSize="22sp"
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"/>
</androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout>

Ok, sampai disini kita telah selesai membuat 2 buah activity (MainActivity.java dan WelcomeActivity.java). Pada bagian MainActivity.java terdapat satu buah Button yang akan digunakan untuk berpindah dari MainActivity.java ke WelcomeActivity.java menggunakan Intent. Sedangkan pada WelcomeActivity.java terdapat satu buah TextView yang berguna menampilkan tulisan Welcome ke layar.

Agar tidak memberatkan komputer saat ingin melakukan proses live preview aplikasi yang barusan kita buat, sebaiknya hindari penggunaan Emulator Android. Jadi silakan jalankan aplikasi pada perangkat Androidmu sendiri dengan cara konekkan Komputer dan Smartphone teman-teman menggunakan kabel data USB. Panduannya dapat dilihat pada tautan ini.

Nah, sampai disini kita telah selesai membuat program pertama kita dengan Android Studio. Yang sudah kita pelajari ialah membuat project baru, membuat activity baru, membuat button dan textview melalui file xml, membuat Intent untuk berpindah antar activity. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar. Jangan lupa untuk follow blog kangriyanto.net (link pada sidebar kanan atas) agar tidak ketinggalan update tutorial menarik lainnya. 🙂

1 thought on “Belajar Pemrograman Java Android untuk Pemula: Mengenal Activity dan Membuat Aplikasi Sederhana

  1. Pingback: Membuat Splash Screen Aplikasi Android: Berpindah Antar Activity Secara Otomatis | Kangriyanto.net

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.