Install XAMPP pada Mac OS


Jadi ceritanya untuk beberapa waktu yang lalu saya masih setia gunakan XAMPP versi 7.2.X pada sistem operasi Mac OS Catalina, dimana di dalamnya sudah terinstall PHP versi 7.2.X juga. Versi ini sudah saya gunakan untuk membangun beberapa aplikasi berbasis web, memang tak ada masalah tapi kemudian ada satu keperluan belajar yang dimana sistem requirement untuk hal yang akan saya pelajari ini setidaknya gunakan PHP versi 7.3, alhasil saya putuskan untuk “upgrade” ke XAMPP versi diatasnya.

Secara default (atau mungkin sebelumnya pernah lakukan instalasi PHP), di macbook saya sudah ada PHP-nya, saat saya cek lewat terminal menggunakan perintah php -v muncul PHP versi 7.3.9, tetapi saya sendiri masih belum menemukan artikel yang membahas bagaimana konfigurasi Apache di XAMPP dan gunakan PHP selain dari bawaan XAMPP supaya tidak perlu install ulang si PHP-nya.

Uninstall XAMPP

Jadi untuk menginstall XAMPP pada mac, terlebih dahulu saya “uninstall” XAMPP versi 7.2.X. Cara yang saya lakukan ialah saya menggunakan aplikasi bernama AppCleaner (Gratis) untuk menghapus XAMPP Control Panel dari Launchpad, lalu hapus folder XAMPP melalui Finder, caranya masuk ke Finder > Applications dan hapus XAMPP.

Oh ya, jangan lupa untuk backup terlebih dahulu database (lewat phpmyadmin, atau sejenisnya) dan file-file proyeknya di dalam folder Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs.

Install XAMPP

Pertama silakan download installer XAMPP melalui website resminya di alamat ini https://www.apachefriends.org/download.html, lalu klik 2x pada file .dmg hasil download tadi, akan muncul setup XAMPP seperti ini:

Setup XAMPP

Terus ikuti saja proses instalasinya, tinggal next dan next saja hingga akhir, gampang kok.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.